SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM - Pemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur merupakan satu satunya kota di Indonesia yang memiliki mobil "Heavy Duty Rescue" atau mobil pemadam kebakaran yang didukung dengan kecanggihan teknologi, serta mampu mengangkat beban hingga 14 Ton.

"Jadi mobil rescue ini memberikan pelayanan terbaik bagi warga Surabaya. Ketika ada pohon tumbang, truk yang terguling, dan evakuasinya berat, maka kita bisa menggunakan mobil rescue ini untuk memulihkan kembali karena kekuatannya sampai 14 Ton," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, mobil yang diluncurkan pada Sabtu (31/12/2022) malam tersebut dinilai sebagai salah satu unit yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan optimal dalam hal kebakaran, penyelamatan dan evakuasi kepada masyarakat Kota Surabaya.

Mobil rescue juga dilengkapi dengan berbagai komponen dengan kecanggihan teknologi yang dapat mempermudah personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi. Salah satunya adalah komponen Underwater Drone yang berfungsi untuk menemukan korban di dalam air.

"Ini ada drone di dalam air dan ada kameranya jadi bisa melihat dari atas. Semoga dengan adanya mobil rescue ini bisa maksimal dalam memberikan layanan dan bantuan kepada masyarakat," ujar dia.

Lebih lanjut, juga terdapat komponen Rescue CutterRescue SpreadersRescue RamsRescue Strongarm dengan teknologi baterai dan mampu digunakan dalam air. Komponen ini berfungsi untuk memotong dan membuka pintu apabila terkunci pada saat kebakaran gedung/bangunan, korban terjebak dalam mobil.

Untuk itu, dia berharap dengan APBD Surabaya yang dikucurkan senilai Rp17 miliar, maka mobil tersebut bisa membantu masyarakat di Kota Pahlawan.

"Semua kejadian bisa memanfaatkan mobil ini, jadi ada kelengkapan semuanya bisa untuk mengukur ketinggian. Ada alat ukurnya, jadi mobil ini sudah lengkap," kata Cak Eri panggilan lekatnya.
 

Halaman :